Persebaya vs Persija Berakhir Imbang 3-3: Dua Gol Konate Selamatkan Macan Kemayoran dari Kekalahan 

Persebaya vs Persija Berakhir Imbang 3-3: Dua Gol Konate Selamatkan Macan Kemayoran dari Kekalahan 

Laga pekan 25 BRI Liga 1 antara Persebaya Surabaya Vs Persija Jakarta berakhir imbang 3 3. Dua gol yang dicetak Makan Konate pada menit 85' dan 95' menyelamatkan Macan Kemayoran dari kekalahan. Sementara gol Persija lainnya dicetak Marko Simic pada menit 1:25' babak pertama. Sementara tiga gol bagi Persebaya dicetak oleh Taisei Marukawa (13'), Ricky Kambuaya (47') dan Samsul Arif (83').

Persija mengawali babak kedua melawan Persebaya di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Senin (14/2/2022) dengan memasukkan Marco Motta dan Ryuji Utomo. Motta masuk menggantikan Rangga Widiansyah, sementara Ryuji menggantikan Muhammad Ferarri. Menit 47 Ricky Kambuaya membuat skor menjadi 2 1 untuk keunggulan Persebaya. Gol Ricky berawal dari keberhasilan Taisei Marukawa mengirim bola ke area kotak penalti. Bola umpan Marukawa berhasil dijangkau Ricky yang kemudian melepaskan tendangan ke gawang Andritany. Bola tendangan Ricky terlihat melengkung dan sukses memperdayai Andritany.

Unggul jumlah gol, Persebaya enggan mengendurkan tempo permainan. Skuat Bajul Ijo terus memberikan tekanan dan menyerang Macan Kemayoran. Namun hingga menit 54 belum ada gol tambahan maupun peluang baik tercipta bagi kedua klub. Makan Konate berusaha mengancam gawang Persebaya lewat skema tendangan spekulasi. Namun bola tendangan Konate yang mengarah tepat Andika Ramadani dan berhasil ditangkap. Di sisi lain, penyerang Persija Osvaldo Haay terlihat masih kesulitan keluar dari penjagaan Ali Sesay. Osvaldo, tiap menerima operan, terus kehilangan bola. Dia terlihat tidak pernah sekalipun berhasil melewati Ali Sesay.

Persebaya berupaya memperkuat lini serang dengan memasukkan Samsul Arif dan Marselino Ferdinand di menit 61. Samsul masuk menggantikan Arsenio Valpoort, sementara Marselino mengganti Ricky Kambuaya. Ryuji Utomo diganjar kartu merah pada menit 64 pertandingan. Ryuji dipaksa keluar dari lapangan karena melanggar Marselino Ferdinand yang mendribble bola di area pertahanan Persija. Persija berusaha mempertebal lini pertahanan dengan memasukkan Ikhwan Ciptady. Ikhwan masuk menggantikan Marko Simic.

Bermain hanya dengan 10 pemain, Macan Kemayoran terus dibombardir oleh skuat Bajul Ijo. Hingga menit 70, tepat enam menit setelah Ryuji keluar lapangan, Persebaya tercatat telah mengancam gawang Persija sebanyak empat kali. Namun demikian belum ada gol tambahan yang diciptakan Bajul Ijo. Kalah jumlah pemain membuat Persija hanya bermain di area pertahanan sendiri. Setelah menarik Simic keluar, Macan Kemayoran belum mendapatkan peluang. Bahkan Riko Simanjuntak dan kolega belum lagi memasuki area kotak penalti Persebaya. Di sisi lain, skuat Bajul Ijo terus menguasai bola. Mereka tampil sangat percaya diri dan terus mengolah bola di lapangan tengah.

Selama lima menit, tepatnya dari menit 70 75, Persija sama sekali tidak menguasai bola. Itu karena Persebaya terus menguasai bola dan melakukan passing satu dua di lini tengah. Sembilan pemain Persija hanya bertahan. Di posisi ini, Persija nampaknya tidak diuntungkan. Permainan kolektif Bajul Ijo membuat Macan Kemayoran kewalahan. Dalam satu menit, tepatnya pada menit 76 77, Andritany melakukan dua penyelamatan krusial. Dia menghalau tembakan Marselino dan Bruno Moreira yang mengarah tepat ke gawang Persija.

Semenit berselang, Andritany kembali melakukan penyelamatan krusial. Dia menghalau tendangan roket Marselino dari luar kotak penalti. Sesaat setelah menyelematkan gawang Persija, Andritany terlihat rebahan, seolah menunjukkan bahwa ia benar benar lelah gawangnya dibombardir Bajul Ijo. Pada menit 80 Andritany kembali melakukan penyelamatan krusial. Dia menghalau bola tandukan Marukawa yang mengarah tepat ke gawang Persija.

Hingga menit ini, Persija masih sulit keluar dari tekanan Persebaya. Skuat Macan Kemayoran terlihat sama sekali tidak menguasai bola. Bahkan, Riko Simanjuntak dan kolega sama sekali urung memperoleh peluang mencetak gol. Upaya upaya Persebaya mencetak gol akhirnya berbuah manis. Pada menit 83 Samsul Arif membuat skor menjadi 3 1 untuk keunggulan skuat Bajul Ijo. Gol Samsul berawal dari keberhasilan Marukawa menciptakan umpan terobosan untuk Marselino di sisi kiri pertahanan Persija. Marselino lantas membuat umpan silang yang berhasil disambut Samsul Arif. Samsul Arif yang menerima umpan matang, langsung mencetak gol.

Pada menit 85 Makan Konate membuat skor menjadi 2 3. Gol Konate tercipta berawal dari kemelut di area kotak penalti Persebaya. Mendapatkan bola liar hasil kemelut di kotak penalti, Konate langsung melepaskan tembakan keras yang menaklukkan Andika Ramadani. Playmaker Persebaya, Taisei Marukawa harus ditandu keluar lapangan pada menit 89. Marukawa akhirnya tidak bisa melanjutkan pertandingan dan digantikan oleh Riski Ridho. Pada menit 94 Persija mendapatkan hadiah tendangan penalti. Itu terjadi setelah Konate dilanggar Reva Adi Utama di area kotak penalti.

Konate yang bertindak sebagai eksekutor sukses menaklukkan Andika Ramadani, menjadikan skor imbang 3 3. Gol Konate ini sekaligus menyelematkan Macan Kemayoran dari kekalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.