Erick Thohir Sebut Suntikan Modal Negara ke BUMN Harus Tepat Sasaran

Erick Thohir Sebut Suntikan Modal Negara ke BUMN Harus Tepat Sasaran

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada BUMN sekarang ini lebih efektif dan tepat sasaran. Erick menyampaikan, pemerintah tidak akan memberikan PMN secara sembarangan kepada BUMN yang tidak memberikan manfaat bagi masyarakat. Ia mengaku tak segan segan akan menindak tegas oknum di perusahaan perusahaan pelat merah yang tidak memanfaatkan dana PMN sesuai kepentingan yang telah ditetapkan.

"Kalau BUMN tidak sehat, tidak kuat lagi secara korporasi, apalagi tidak punya manfaat untuk masyarakat, ya sayang uang negara harus dihambur hamburkan," papar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/3/2022). "Karena itu kita memastikan PMN tepat sasaran," sambungnya. Saat ini, ucap Erick, proses pengajuan PMN harus berdasarkan kesepakatan tiga menteri yakni Menteri BUMN, Menteri Keuangan, dan Menteri teknis lainnya.

Erick mengambil contoh pengajuan PMN untuk BUMN infrastruktur akan melibatkan Erick Thohir, Sri Mulyani, dan Basuki Hadimuljono dalam menyepakati kebutuhan PMN BUMN. "Suntikan PMN sekarang ini tidak bicara tol Sumatera disuntik sekian, tidak. Suntikan itu kita fokuskan untuk di ruas yang mana penyelesaiannya. Jadi ini tepat, jangan sampai penyuntikan ini disalahgunakan untuk kepentingan lainnya," pungkas Erick.

Leave a Reply

Your email address will not be published.